Berita Seputar Bisnis

Kampung Sidat Kaliwungu Cilacap Jadi Kawasan Percontohan dan Berkomitmen Jaga Kualitas Selera Dunia

Pembangunan Kampung Sidat Cilacap
Pembangunan Kampung Sidat Cilacap (kkp.go.id)

“Dalam menghadapi pandemi Covid-19, komitmen Kampung Sidat Kaliwungu dalam menjaga kualitas meskipun sedang terpuruk, mulai menunjukkan hasil. Di tengah pembatasan Covid-19 secara bertahap dilonggarkan, restoran-restoran Jepang kelas atas di Jakarta dan pembeli dari Jepang kembali memesan sidat Cilacap secara rutin. Bahkan Koperasi Mina Sidat Bersatu berhasil menunjukkan taringnya dengan memperluas bidang usaha dari yang sebelumnya hanya menyuplai sidat hidup, kini mampu mengolah sidat siap saji yang telah bersertifikat BPOM dan Halal,” lanjut Kusdiantoro.

Dengan kesuksesan tersebut, pihaknya meminta Koperasi Mina Sidat Bersatu untuk dapat terus mengembangkan Kampung Sidat dengan mengarusutamakan nilai-nilai perlindungan ekosistem dan pengelolaan komoditas sidat secara berkelanjutan.

“Kita harus melakukan pembangunan kampung sidat secara berkelanjutan, meskipun benih sidat banyak di Cilacap. Karena, suatu hal yang tidak dijaga keberlanjutannya akan mengalami kelangkaan hingga kepunahan. Jika tidak dikelola dengan baik, tentunya juga akan berdampak pada kehilangan mata pencaharian,” tegasnya.

Di samping itu, dalam mendukung pengembangan kampung sidat, Kusdiantoro menerangkan bahwa BRSDM memiliki sekolah vokasi yang memberikan pendidikan tingkat tinggi dan menengah untuk anak pelaku utama secara gratis.

Hal tersebut bertujuan agar selepas menempuh pendidikan dapat membantu memajukan dan mengembangkan usaha orang tuanya serta mencetak wirausaha baru di sektor kelautan dan perikanan.

Pihaknya turut mengapresiasi kegiatan pendampingan kemitraan, transfer teknologi dan penyusunan panduan budidaya serta survei lokasi untuk pelepasliaran 2,5 persen hasil budidaya sidat binaan Koperasi Mina Sidat Bersatu.

“Kami juga memiliki beragam pelatihan untuk meningkatkan kompetensi SDM kelautan dan perikanan serta penyuluh perikanan yang memberikan pendampingan kepada para pembudidaya. Saya berharap model-model bisnis ini dapat diadaptasi di lokasi lain sehingga dapat berkembang, sehingga pengentasan kemiskinan dapat terjadi dan keberlanjutan sidat dapat terus terjaga,” ucapnya.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait