Qlue Sukses Dukung Pertamina Retail dalam Menegakkan Protokol Kesehatan Berbasis AI dan IoT di Pertashop

oleh

Jakarta, 1 Februari 2021 – Qlue, perusahaan penyedia ekosistem smart city terlengkap di Indonesia, berkolaborasi dengan Pertamina Patra Niaga untuk menyediakan alat pendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker otomatis, QlueThermal, di sejumlah Pertashop milik Pertamina Retail sepanjang Pulau Jawa dalam menekan persebaran Covid-19 dari orang-orang yang melakukan perjalanan terutama saat libur natal dan tahun baru 2021. Penggunaan QlueThermal merupakan salah satu langkah Pertamina Retail dalam memberikan fasilitas pengisian BBM sekaligus membantu mengurangi penyebaran virus corona.

Founder dan CEO Qlue Rama Raditya mengatakan, “Pada periode libur panjang Oktober dan November lalu, kasus positif Covid-19 di Indonesia mengalami lonjakan yang cukup tinggi. Kita semua tentu tidak ingin hal ini terulang kembali. Qlue berkolaborasi dengan Pertamina Patra Niaga untuk menyediakan QlueThermal di berbagai gerai Pertashop yang berada di jalur-jalur utama di Pulau Jawa. Melalui kolaborasi ini, kami berharap untuk membantu pemerintah dalam menurunkan kurva penyebaran Covid-19.”

QlueThermal digunakan untuk menegakkan protokol kesehatan dengan mendeteksi suhu tubuh dan penggunaan masker pengunjung Pertashop. Dengan kata lain, QlueThermal memastikan para pemudik aman dari gejala Covid-19 dan tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan. Jika ada pemudik yang kedapatan memiliki suhu tubuh tinggi, pemudik tersebut tidak akan diizinkan untuk melanjutkan transaksi pengisian bahan bakar. Guna memastikan hal tersebut, sebanyak 22 perangkat QlueThermal dipasang di rute Jakarta – Cipali – Solo – Semarang – Pejagan – Probolinggo – Malang – Surabaya dan Jakarta – Cibalong – Pangandaran – Garut – Cianjur.

Sejak diimplementasi pada tanggal 19 Desember 2020, perangkat QlueThermal yang terpasang telah berhasil membantu melakukan screening secara otomatis ke lebih dari 16,000 pelanggan Pertashop. Dari data tersebut, sekitar 18% pelanggan yang mengisi Bahan Bakar pada gerai Pertashop kedapatan tidak disiplin mengenakan masker selama perjalanan. Sementara rata-rata suhu tubuh pelanggan yang terdeteksi adalah 36,4 derajat celcius.