Berita Seputar Bisnis

Green Diesel Pertamina di Cilacap Raih Sertifikat ISCC

ilustrasi kilang pertamina cilacap jawa tengah
ilustrasi kilang pertamina cilacap jawa tengah

Ifki Sukarya melanjutkan bahwa PT KPI memiliki persiapan matang dalam proses sertifikasi internasional serta untuk mendukung target onstream akhir 2021. “Guna meningkatkan performa kilang, PT KPI Refinery Unit Cilacap melakukan revamping di unit TDHT, yang memproduksi green diesel secara kontinyu. Fokus revamping meliputi modifikasi internal reactor, line produksi THDT, line lifting tangki produk, modifikasi line feeding dan penambahan jumper line ke salt drier,” ungkap Ifki.

Milestone pengembangan green diesel PT KPI Refinery Unit Cilacap dilaksanakan dalam dua tahapan besar. Pada tahap 1 yang ditargetkan rampung bulan Desember 2021 ini dengan kemampuan produksi 3.000 barrel per hari.

Sementara, tahap 2 dari pengembangan Green Diesel ditargetkan on stream pada akhir 2023 dengan target produksi 6.000 barrel per hari.

Sebelum proses on stream, telah dilakukan persiapan sarana dan fasilitas uji coba produk termasuk sarana penerimaan minyak sawit melalui dermaga Jetty 67 serta sarana feedstock (tangki) yang dekat dengan lokasi unit TDHT.

Ifki menambahkan bahwa green diesel PT KPI Refinery Unit Cilacap nantinya akan bermanfaat untuk mendukung Rencana Umum Energi Nasional tahun 2025 terkait dekarbonisasi dan pertumbuhan energi baru dan terbarukan. “Green Diesel (D 100) yang diproduksi di PT KPI Refinery Unit Cilacap menggunakan RBDPO (Refined Bleached and Deodorized Palm Oil), yaitu minyak sawit yang sudah melalui proses penyulingan untuk menghilangkan asam lemak bebas serta penjernihan untuk menghilangkan warna dan bau. Komposisinya 100% dari RBDPO atau minyak sawit,” tegas Ifki.

Selain mengembangkan green diesel di Cilacap, PT KPI terus berkomitmen mengelola pengembangan ’Bio Refinery’ atau ‘kilang hijau’ melalui unit-unit kilang lainnya.

Bio Refinery merupakan proyek energi bersih Pertamina dimana pengolahan kilang menggunakan bahan baku berupa renewable feedstock seperti RBDPO (minyak kelapa sawit) hingga UCO (used cooking oil atau minyak jelantah) guna menghasilkan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait