Tidak Semua Skema Referral Dikategorikan Money Game

by

CILACAP.INFO – Skema referral memang erat kaitannya dengan praktik untuk merekrut atau mengajak anggota baru untuk bergabung dalam suatu program. Namun bukan berarti skema referral adalah Ponzi dan kegiatan Money Game (Permainan Uang).

Banyak memang suatu layanan periklanan yang menerapkan sistem referral secara join gratis tanpa fastrack dan tidak ada ke dalaman level, seperti Spilover yang membentuk jaringan dan bahkan menggunakan skema binari atau piramida.

Program seperti ini hampir sama dengan program affiliate (Afiliasi), namun jika seorang affiliate berhasil mengajak anggota baru, maka ia akan mendapat imbal balik sepersekian persen.

Sistem affiliate seperti di atas juga banyak dijumpai pada jasa layanan Hosting dan Domain.

Provider Indosat Ooredo sebagaimana dijumpai di aplikasi MyIm3 bahkan terdapat sistem referral. Sebagai imbalannya, maka pengguna yang berhasil mengajak 10 orang untuk install aplikasinya, maka akan diberikan bonus kuota internet.

Jika menilik apa yang dilakukan indosat, tidak terdapat unsur provide help dengan sistem money game sebagaimana TikTok Cash dan Vtube. Selain itu apa yang ditawarkan indosat juga sangat jelas.

Dari pemaparan di atas, bahwa sistem referral belum tentu Money Game, namun skema referral juga bisa digunakan untuk kegiatan Ponzi atau Money Game.