Dirjen Kemendagri Kunjungi Pertashop BUMDes Planjan di Cilacap

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri, Yusharto Huntoyungo melakukan kunjungan kerja ke salah satu Pertashop yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nogrohu Sejahtera di kabupaten Cilacap, tepatnya di Desa Planjan, Kecamatan Kesugihan pada Rabu (15/12).

Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka meninjau salah satu Pertashop yang menjadi percontohan nasional untuk mempercepat persebaran Pertashop di desa-desa yang merupakan kerja sama antara Kementerian Dalam Negeri dengan PT Pertamina (Persero) dalam meningkatkan nilai ekonomi masyarakat pedesaan, yang telah dijalankan sejak awal tahun 2020.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamudji dan Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Putut Andriatno, serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Yusharto Huntoyungo mengapresiasi pemerintah Kabupaten Cilacap dan Pertamina atas pencapaian program pembangunan perekonomian desa melalui Pertashop.

“Pemberdayaan desa akan memberikan akan memberikan manfaat yang positif terhadap kemajuan suatu daerah. Kami mempunyai harapan agar sinergi yang sudah dilaksanakan di Kabupaten Cilacap dapat dilaksanakan di kabupaten dan kota lain,” kata Yusharto.

Menurutnya pembangunan Pertashop di Cilacap bisa dijadikan benchmark untuk meningkatkan kinerja kerja sama antara Pertamina dan Kementerian dalam negeri untuk pemenuhan bahan bakar yang murah non-subsidi kepada masyarakat, seperti produk Pertamax.

“Kementerian Dalam Negeri tak mau tanggung-tanggung untuk menjadikan desa yang menjadi basis usaha masyarakat ini untuk terus berkembang. Yang tadinya pertanian katanya nilai tambahnya kecil karena banyak hal faktor produksi yang sulit dijangkau di tingkat desa, dengan adanya Pertashop yang lebih dekat ini akan menjadikan nilai tambah usaha di desa itu semakin baik,” tambahnya.

Komentar