PGE Tekankan Pentingnya Sinergi dalam Kembangkan Potensi Panas Bumi di IIGCE 2023

The 9th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2023
The 9th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2023

JAKARTA, CILACAP.INFO – 20 September 2023, Indonesia memiliki potensi panas bumi yang besar. Dalam rangka mengoptimalkan potensi tersebut, Indonesia perlu menciptakan ekosistem yang ideal untuk pengembangan panas bumi.

Salah satu kunci utamanya adalah membangun sinergi dengan para pihak yang berkepentingan terhadap pemanfaatan panas bumi.

“Untuk itu memang perlu dilakukan kerja sama dengan berbagai pihak terkait dalam memanfaatkan kemajuan teknologi dan penelitian guna menghadirkan inovasi dari potensi panas bumi yang dimiliki Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. Julfi Hadi.

Julfi menyampaikan hal tersebut saat hadir di acara The 9th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2023. Acara tahunan terbesar industri panas bumi yang berlangsung pada 20 hingga 22 September di Jakarta Convention Center, Senayan.

Julfi mengungkapkan bahwa agenda IIGCE ini memegang peranan penting sebagai wadah dalam bertukar pengetahuan dan teknologi panas bumi dalam mewujudkan percepatan transisi energi bersih di Indonesia.

“Kami optimis forum ini dapat maksimalisasi pemanfaatan panas bumi melalui sinergi dengan berbagai pihak terkait. Maksimalisasi ini dilakukan melalui pemanfaatan teknologi unggul yang dapat mendorong efisiensi biaya maupun waktu,” ungkapnya.

Guna mencapai ekosistem panas bumi yang ideal di Indonesia, diperlukan sinergi dengan perusahaan panas bumi lainnya guna mengembangkan produk turunan panas bumi.

“Selain itu, dari sisi regulasi perlu dipastikan bahwa ekosistem panas bumi mendapat kebijakan yang mendukung keberlanjutan ekosistem industri,” tuturnya.

PGE juga menilai masyarakat perlu memberikan dukungan terhadap pengembangan panas bumi sebagai baseload energi terbarukan untuk memainkan peran yang lebih strategis dalam transisi energi.

“PGE yakin dengan adanya dukungan masyarakat transisi energi bersih akan dapat diwujudkan secara optimal,” tutup Julfi.

Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS
iklan pemilu h sarif abdilah

Berita Terkait