Berita Seputar Bisnis

Dosen UNUGHA Dampingi Pelatihan Kemasan Agar UMKM Naik Kelas

Dosen UNUGHA dampingi pelatihan UMKM naik kelas
Dosen UNUGHA dampingi pelatihan UMKM naik kelas

CILACAP.INFO – Tim Dosen Universitas Nahdlatul Ulama Al-Ghozali Cilacap (UNUGHA) melakukan program pengabdian masyarakat berupa kegiatan pelatihan kemasan (packaging) produk UMKM dan pendampingan mitra binaan Fatayat NU Cilacap, di Desa Keleng, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap. 

Program pengabdian masyarakat ini dalam rangka memberikan ilmu pengetahuan dan memberi keterampilan pengemasan produk UMKM yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas kemasan dan memperluas pemasaran produk. 

Kegiatan yang diwujudkan dalam pelatihan  dan pendampingan, kegiatan ini diawali dengan pelatihan kemasan produk pada  6 November 2021, di mana para tim PKM UNUGHA datang berkunjung dan memberikan pelatihan kemasan produk UMKM pada mitra binaan Fatayat Desa Keleng Kesugihan bertempat di PAUD Annisa 1 Desa Keleng. Dilanjutkan dengan pendampingan pasca pelatihan pada tanggal 7-30 November 2021.

Hasil Kemasan Cantik Peserta

Kegiatan yang diinisiasi oleh Dosen UNUGHA ini, beranggotakan dosen Program Studi Teknik Industri dan Teknik Kimia. Pelatihan di ketuai oleh Anisha Dian Iswahyuni S.T., M.Sc, dan Aji Kusumastuti Hendrawan, S.T., M.T keduanya dari prodi Teknik Industri serta Arnesya Ramadhani, S.T., M.T dari prodi Teknik Kimia dan melibatkan 2 mahasiswa teknik industri.

Anisha Dian Iswahyuni, selaku dosen Teknik Industri mengatakan “Kampus dan masyarakat perlu sinergi dalam upaya pemberdayaan masyarakat khususnya pelaku usaha dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga, dengan adanya pelatihan kemasan produk diharapkan pelaku usaha memiliki mindset untuk maju dan berkembang dalam mengembangkan usahanya”

Dalam kesempatan yang sama, Aji Kusumastuti mengatakan “Kemasan yang menarik merupakan kunci awal menarik pelanggan” dikatakan bahwa “ Kesan pertama begitu menggoda, selanjutnya yuk diborong” imbuhnya disela-sela diskusi dengan peserta pelatihan. 

Produk Dampingan Dosen UNUGHA Cilacap

Kegiatan ini disambut positif oleh para pelaku usaha salah satunya Rini, ia mengatakan “Terima kasih banyak kepada dosen-dosen UNUGHA yang telah memotivasi  dan memberikan ilmu terkait pengemasan produk  pada kami pelaku usaha didesa. Mudah-mudahan ilmu ini dapat kami gunakan untuk meningkatkan penjualan demi kemajuan usaha kami.” 

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait