Awal Mula Ada Istilah Ponzi dan Skema Penipuan Yang Banyak Memakan Korban

by
Indonesia

CILACAP.INFO – Awal Mula Ada Istilah Ponzi dan Skema Penipuan Yang Banyak Memakan Korban kali ini akan kami bahas. Adapun Modus dalam skema ponzi kerap kali dikaitkan dengan suatu Bisnis yang menjanjikan keuntangan secara instan.

Dalam skema ponzi erat kaitannya dengan Money Game yang mana uang dari membernya dihasilkan member lainnya yang telah mengeluarkan untuk invest, dan bukanlah dari perusahaan.

Kedok para pemain ponzi untuk menutupi aksinya yakni dengan berkamuflase ke MLM (Multi Level Marketing), Advertising (Periklanan), Direct Selling (Penjualan Langsung) dan Ecommerce.

Hal inilah yang mengakibatkan nama Bisnis MLM ataupun Direct Selling kurang diminati oleh masyarakat, karena banyak yang berkamuflase di MLM mapun Direct Selling.

Perlu diketahui, dinamakan skema ponzi hal ini diambil dari penipu ulung bernama Charles Ponzi (Carlo Pietro Giovanni Guglielmo Tebaldo Ponzi), dimana ia telah menipu banyak orang melalui kupon dan dapat dijadikan nilai tukar.

Pada skema ini, para pemain ponzi pun kerap berbohong dan membrainwash membernya dengan berbagai macam cara.

Apabila bisnis tipu-tipunya terbongkar, maka para petinggi ponzi akan berkelit bahkan menuduh orang yang tidak menyukainya dengan hatter bayaran.

Di atas adalah salah satu alasan yang amat dipaksakan dan tidak logis. Mirisnya orang awam yang literasi bisnisnya kurang, percaya saja dengan tipu muslihat para leadernya dan petingginya.

Selain disebut Money Game, bisnis semacam ini juga disebut bisnis yang akan scam entah dalam waktu dekat atau dalam hitungan tahun.

Bisnis ini telah banyak memakan korban, yang menyebabkan korbannya kehilangan harta benda.

Komentar