100 Juta Install Mengalahi Vtube, SnackVideo ilegal Nggak Yah

by

CILACAP.INFO – Belakangan ini ramai tentang aplikasi android penghasil uang yang bisa di install di play store dengan skema referral, ada Vtube dan TikTok Cash, namun keduanya telah dinyatakan ilegal oleh Satgas Waspada Investasi (SWI).

Sehubungan dengan maraknya aplikasi dengan modus periklanan (Advertising) yang bahkan menyerupai sebuah platform media sosial (Medsos), maka baik pihak SWI maupun Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meminta masyarakat untuk jeli dan waspada agar terhindar dari kerugian yang ditimbulkan dari skema ponzi yang ada di dalamnya.

Salah satu aplikasi yang menggunakan skema referral yakni SnackVideo yang dikembangkan oleh Joyo Technology Pte. Ltd juga ramai diperbincangkan warganet.

Mengenai Snack Video, aplikasi ini mengalahkan Vtube, dimana aplikasi tersebut telah di install oleh 100 juta pengguna.

Diketahui, bahwa Snack Video dikabarkan sedang bakar uang dengan cara memberikan uang atau pulsa ke membernya yang berhasil mengajak orang untuk install aplikasi melalui kode referral.

Tak hanya itu, aplikasi satu ini juga gencar melakukan promosi di Google Ad maupun Facebook Ad, tak ayal jika banyak orang membuka suatu website, facebook, maupun youtube terdapat iklan dari Snack Video.

Dijumpai di laman aplikasi bahwa SnackVideo adalah sebuah platform video singkat terbaru, video menarik, lucu, populer. Dimana penggunanya hanya perlu menonton, terhubung hanya dengan yang pengguna sukai.

Dalam aplikasi tersebut pengguna juga akan disuguhi video popular, termasuk video prank, lifehacks, kecantikan, hiburan, berita, binatang peliharaan, dsb.

Namun Satgas Waspada Investasi (SWI) saat menggelar rapat pada 18 Februari 2021, menyatakan bahwa Snack Video merupakan entitas ilegal yang tidak memiliki izin dan tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keungan (OJK).